Rumus Rumus Dasar Dalam Microsoft Excel

Dalam menggunakan Microsoft Excel pasti tidak lepas dari penggunaan menggunaan rumus untuk mempercepat pekerjaan dan berikut adalah beberapa rumus dasar beserta Fungsi dan contohnya dalam menggunakan rumus
Rumus Penjelasan Contoh
Sum Menghitung jumlah dari sebuah rentang nilai pada seluruh sel =SUM(A2:B2)
Average Menghitung rata-rata dari sebuah rentang nilai pada seluruh sel =AVERAGE(A2:B2)
Max untuk mencari nilai terbesar dalam suatu range =MAX(A2:B2)
MIN untuk mencari nilai terkecil dalam suatu range =MIN(A2:B2)
COUNT menghitung jumlah sel yang memiliki nilai angka di dalam suatu range =COUNT(A2:B2)
IF untuk membuat kondisi pada sel tertentu =IF(A1>10,"Lulus","Tidak Lulus")
Vlookup untuk mencari nilai di dalam tabel berdasarkan nilai yang diberikan =VLOOKUP(A1,A2:B10,2,FALSE)
Concatenate menggabungkan beberapa teks menjadi satu teks =CONCATENATE(A1," ",B1)
Today menampilkan tanggal hari ini =TODAY()
Round untuk membulatkan angka =ROUND(A1,2)
Left untuk menampilkan karakter pada bagian kiri dari teks =LEFT(A1,3)
Right untuk menampilkan karakter pada bagian kanan dari teks =RIGHT(A1,3)
Mid untuk menampilkan karakter pada bagian tengah dari teks =MID(A1,3,5)
Len untuk menghitung panjang teks =LEN(A1)
Trim untuk menghilangkan spasi ekstra pada teks =TRIM(A1)

Post a Comment for "Rumus Rumus Dasar Dalam Microsoft Excel"